Suka Duka Diatas Sebuah Pengorbanan…

Sebenarnya event ini udah lama tapi bagiku event ini sebuah pengalaman yang gak bakal aku lupakan. Event yang amat melelahkan sekaligus menyenangkan plus membuka hati untuk saling berbagi dan menolong satu sama lain.


Waktu itu EO (B’One Entreprise) tempat aku bekerja dulu dijadikan parnert sebuah perusahaan sepeda motor Honda dan TPI untuk mengadakan acara Roadshow SATU FIF “Raih Motor Honda Mu”. Event ini berlangsung selama 2 hari 2 malam. Prosedur dari event ini yaitu bagi semua peserta harus memegang sepeda motor honda selama 2 hari 2 malam tanpa tidur dan mandi serta dengan batasan istirahat selama 10 menit untuk makan dan ke toilet. Tapi untuk sholat sendiri disediakan waktu khusus (10 menit juga).


Tangan para peserta dilarang keras lepas dari pegangannya pada jok honda tersebut karena jika sampai lepas maka gagal deh honda itu dibawa pulang. Peserta yang rata-rata berasal dari berbagai kota, kebetulan ini event puncak yang diikuti oleh 100 finalis dari berbagai kota di Indonesia. Hmmm ibu ini kalau gak salah peserta dari Yogyakarta dan dia berhasil loh bawa pulang honda itu.


Sungguh-sungguh menyenangkan bagiku yang saat itu menjadi salah satu panita event tersebut. Secara bagi panitia justru lebih berat karena tidak tidur dan mandi. Aku aja ngak tidur total selama 4 hari 4 malam. Dan dalam 4 hari itu jam tidur ku hanya setengah jam saja. Jadi total tidurku ya sekitar setengah jam kali 4. Lumayan capek kan….bahkan ngak lumayan lagi, benar-benar capek. Belum lagi kalau ada peserta yang mengalami pingsan atau halusinasi, kita sebagai panitia harus siap siaga. Hehehe biar capek tetep narsis kan? Aku yang makai jaket merah, jelek ya…abis gak mandi dan ngak tidur. Cuman cuci muka, gosok gigi ma wudlu aja kalau mo sholat. Kebetulan waktu itu aku yang terjun di sesi obat dan penjaga peserta pada malam hari (mobile), otomatis harus benar-benar fit. Alhamdulillah aku kuat, mungkin dengan sedikit dopping juga seh hehehe….aku minum Fatigon. (ngak lagi iklan loh…) dan juga dapat makanan tuh dari sesama panitia.


Banyak juga loh peserta yang gagal karena merasa lelah, mual, ngantuk, pingsan, halusinasi, kram otot, dll. Tapi kita sebagai panitia sudah memperhitungannya. Sebelum perlombaan dimulai setiap peserta diperiksa dulu oleh tim medis dan diberi obat dari dokternya langsung. Dan bagi peserta tidak diperkenankan meminum vitamin sendiri kecuali seijin dokter.


Tapi namanya juga manusia yang punya rasa lelah dan jenuh. Sekuat apapun kami sebagai panitia memberi semangat kepada mereka toh mereka banyak juga yang gagal. Peserta yang menjadi tanggung jawab ku juga gagal. Sedih loh waktu itu padahal tinggal beberapa jam doang kalau gak salah kurang 4 jam. Dia harus gagal dan hampir pingsang. Kasihan mukanya pucat banget, karena aku bertanggung jawab penuh, aku selalu memberikan dia minyak angin dan sesekali kuambilkan minuman. Tapi tetep aja dia gagal. Tau tidak cita-citanya dia ikut lomba ini supaya dia bisa dapat motor yang akan diberikan kepada ibunya. Makanya hatinya sedih banget dan aku juga ikut sedih pas dia cerita begitu. Dia sendiri peserta dari jauh yaitu dari Bali. Yah….namanya juga belum rejeki.


Pada saat jam istirahat yang diberikan selama 10 menit, benar-benar dimanfaatkan oleh peserta untuk pergi ke toilet dan makan dan juga sejenak berebahan. Tapi aku salut ma mereka, mereka tetap semangat loh…tapi lihat tuh panitia nya kok tidur ditutupin buku ya??? Siapa ya tuh, hmmm yang jelas bukan aku. Yah, panitia juga manusia kan jadi juga ngantuk ma lelah. Tapi panitia yang ini bukan panitia tetap seperti aku, dia hanya panitia yang datang pas jam sesi jadwal berubah saja, jadi kurasa dia tak secapeknya rasa capekku. Kalau aku bisa dibilang 24 jam standby euy…

Nah yang ini pas jam nya sholat shubuh. Dimanfaatin juga buat para peserta buat buang air seni. Weh….neh panitia kok ampe moto ke dalam toilet yah…? Untung yang dapat jatah sesi pemotretan bukan aku, kalau aku bisa-bisa gak moto-moto tapi malah “ndelengnak” hehehe….lumayan kan buat obat ngantuk.

Sekeras dan sekuat apapun mereka, kalau emang bukan rejeki ya gagal juga. Peserta ini sedang mendapatkan pengarahan dari panitia untuk pemulangan ke hotel setelah beberapa jam istirahat di ruang kesehatan yang sudah disediakan panitia. Panitianya siapa ya tuh? kek nya aku kenal hehehe dia satu team ma aku. Hihihihi namanya Petot. “Kerja yang bener ya bung…??”

Berbahagialah peserta jika mendapatkan panitia pendamping seperti panitia yang satu ini. Tapi aku gak kenal panitia itu karena dia hanya panitia sementara aja bukan panitia tetap tapi dia udah kita kasih pengarahan sedemikian rupa oleh panitia tetap untuk lebih mementingkan peserta dari pada diri sendiri. Itulah yang namanya pengorbanan diantara suka dan duka. Untuk aku sendiri, walau aku benar-benar lelah aku masih berusaha sekuat tenaga untuk selalu memperhatikan para peserta. Dan harus berjalan dari satu ujung ke ujung lainnya. (mobile) untuk menanyakan apakah peserta membutuhkan obat atau yang lainnya. Iya seh aku dibantu ma Klis dan beberapa panitia tak tetap tapi aku diberi tanggung jawab penuh pada 6 peserta. Yang salah satunya dari Bali yang gagal itu.

Alhamdulillah, setelah dua hari dua malam para peserta yang berhasil tidak melepaskan pegangannya di atas jok motor, sudah pasti akan membawa pulang motor Honda itu. Walaupun ada satu peserta yang marah-marah sama panitia hanya karena kurang setengah jam saja si bapak merasa kelelahan dan ngatuk akhirnya dia gagal dan menyalahkan panitia kalau panitia inilah itulah. Termasuk aku kena semprot juga hanya karena pas si bapak mo minta obat angin, pas aku lagi ngak megang obatnya. Kebetulan dibawa ma team lain dan kubilangin tunggu sebentar. Eh beliaunya marah-marah. Tersinggung seh tapi namanya aku panitia harus berjiwa besar lah walau di hati nguuuunduk setengah mati. Aku bilang aja gini “Pak kita sama-sama lelah bahkan panitia lebih lelah dari bapak karena harus menyiapkan ini menyiapkan itu belum lagi setelah acara selesai harus bikin laporan dan beres-beres. Bapak ngak boleh marah, cobalah hargai kita pak toh kita sudah berusaha semaksimal mungkin”. Tapi karena emang emosi masih tinggi ya percuma deh dibilangin gitu, tetep aja ngomelin panitia. Hmmmm…kek nya beliau belum siap untuk belajar ikhlas dalam kegagalan. Tapi Alhamdulillah, setelah beliau sadar dan sedikit terobati rasa lelahnya, beliau minta maaf tuh ma aku. Aku hanya senyum dan bilang ngak ada yang perlu dimaafkan pak, toh aku mengerti keadaan bapak yang mengantuk dan lelah. Hehehe, dalam hati padahal aku bilang “akulah pemenangnya pak”.

Selamat ya buat para pemenang…..entah kapan kita akan berjumpa lagi toh seandainya pun kita berjumpa pasti kalian tak kan mengingatku karena aku hanya sebagai bagian terkecil dan tak penting dalam hidup kalian. Mungkin ukuranku tak sebesar semut. Hanya sebesar titik dalam hidup kalian. Tapi kalian, tak kan pernah lekang dari ingatanku. Insya Allah…. Amin.

*Acara waktu itu di JaCC, tanggal 24-25 Juli 2008 *

Salam Larass.

Kota Perantauan, 230209//02.00′

30 responses

  1. mau dunk kerja di EOJeng, kenal sama Budi Setiawan gak ?

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  2. jaran217 said: mau dunk kerja di EOJeng, kenal sama Budi Setiawan gak ?

    Budi Setiawan? siapa ya???maksudnya anak mana ?

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  3. jaran217 said: mau dunk kerja di EOJeng, kenal sama Budi Setiawan gak ?

    dulu kuliah di ISTN sama di Univ. Borobudur (Ir. Budi Setiawan, SE) hehehehe….. kalau gak salah di tinggal di Cimanggis, trus istrinya guru senam.ada lowongan gak di tempatmu Rass ? mau dunk !

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  4. jaran217 said: dulu kuliah di ISTN sama di Univ. Borobudur (Ir. Budi Setiawan, SE) hehehehe….. kalau gak salah di tinggal di Cimanggis, trus istrinya guru senam.ada lowongan gak di tempatmu Rass ? mau dunk !

    wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  5. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    uwenak malah, mau dunk hehehe

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  6. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    Gosip apa neh??ikutan ah….nguping….tp ntar telingaku tajam ky pisau gak???HehePagi laras pagi sam

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  7. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    Gosip apa neh??ikutan ah….nguping….tp ntar telingaku tajam ky pisau gak???HehePagi laras pagi sam

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  8. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    kok aku nggak tau ya ada acaran lomba gini…pengen ikut juga…kalo lama-lama an megang cewek nggak ada ya…

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  9. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    @sammau….weh gak janji ya cos aku juga cuman kuli, masih freelance lagi hehehe….

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  10. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    @cintamanisf3gak ada gosip mba, masih terlalu pagi buat bergosip mending buat baca tulisan Larass aja yah…..?? hehehe…..

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  11. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    @Mas Tyomakanya deket2 ma Larass sini mas, biar kalau ada lomba ginian lagi tak kasih tau dirimu…weh…lama-lama megang cewek?? boleh juga tuh tapi cewek jadi-jadian yah…???wkwkwkwk…..

    22/02/2009 pukul 12:00 am

  12. larass said: wah saya ngak kenal ma beliau…waduh lowongan, orang aku aja just freelance mas…hehehe, lebih enak freelance. Bebas euy…

    wah latihan megang ah…

    24/02/2009 pukul 12:00 am

  13. 141279mbs said: wah latihan megang ah…

    iya mas, kali aja ada event ginian lagi…kan bisa ikutan. tapi jangan megang yang lainnya ya????

    25/02/2009 pukul 12:00 am

  14. 141279mbs said: wah latihan megang ah…

    He2x selamat z?

    25/02/2009 pukul 12:00 am

  15. kambojajatuh said: He2x selamat z?

    makaseh….

    25/02/2009 pukul 12:00 am

  16. kambojajatuh said: He2x selamat z?

    Wah salut deh buat ibu yg dari Jogya..mewakili ibuku juga loh..heheu

    07/03/2009 pukul 12:00 am

  17. kambojajatuh said: He2x selamat z?

    oh ini ya ras eventnya…???seru jg nih acaranya…tp kalo ak yg disuruh nanganin acara ini..aku ga mau…..maklum….badannya sudah ga kuat lagi hehehehe

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  18. danizidan said: Wah salut deh buat ibu yg dari Jogya..mewakili ibuku juga loh..heheu

    weh….benarkah itu ibu nya mas dani? atau hanya kebetulan pas sama sama dari yogya aja?

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  19. nohairs said: oh ini ya ras eventnya…???seru jg nih acaranya…tp kalo ak yg disuruh nanganin acara ini..aku ga mau…..maklum….badannya sudah ga kuat lagi hehehehe

    hehehe…akhirnya ketemu juga Mas Adji mencarinya…thanks ya bung!!kenapa gak mau, seru lagi tapi iya seh kalau dah gak mampu mending enggak sama sekali daripada sakit ya mas. Btw, nama EO mas apa neh? kali aja tahu, tempe atau apalah hehehe

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  20. larass said: hehehe…akhirnya ketemu juga Mas Adji mencarinya…thanks ya bung!!kenapa gak mau, seru lagi tapi iya seh kalau dah gak mampu mending enggak sama sekali daripada sakit ya mas. Btw, nama EO mas apa neh? kali aja tahu, tempe atau apalah hehehe

    sama2 ras…takut ga mampu aja badannya :Dnamanya tequila….bukan nama minuman ya….

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  21. nohairs said: sama2 ras…takut ga mampu aja badannya :Dnamanya tequila….bukan nama minuman ya….

    tequilla mas Adjie? kek nama Band dari planet hollywood aja, sukses deh buat mas, kali aja lain waktu kita dipertemukan dalam satu proyek hehe

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  22. larass said: tequilla mas Adjie? kek nama Band dari planet hollywood aja, sukses deh buat mas, kali aja lain waktu kita dipertemukan dalam satu proyek hehe

    iya tequila….hayah…malah nama band… :)amiinnnnn……sukses jg buat kamu ras…

    12/06/2009 pukul 12:00 am

  23. nohairs said: iya tequila….hayah…malah nama band… :)amiinnnnn……sukses jg buat kamu ras…

    kalau ada event besar, ajak ajak ya mas…hehe

    13/06/2009 pukul 12:00 am

  24. larass said: kalau ada event besar, ajak ajak ya mas…hehe

    event besar apaan nih…???aku sih kecil2 semuanya eventnya…ga ada yg besar ras

    13/06/2009 pukul 12:00 am

  25. nohairs said: event besar apaan nih…???aku sih kecil2 semuanya eventnya…ga ada yg besar ras

    kecil juga gak papa mas, yang penting ingat Larass ya hehe,kali aja bisa kerjasama dii lain kesempatan

    18/06/2009 pukul 12:00 am

  26. nohairs said: event besar apaan nih…???aku sih kecil2 semuanya eventnya…ga ada yg besar ras

    hehehehe….tetep…minta event…iya….insya Allah kalo ada ya…ato ga kasih aja cv kamu ke aku…sapa tau kalo aku ada…bisa aku ajak gabung dieventku….itu kalo kamu mau…

    18/06/2009 pukul 12:00 am

  27. nohairs said: hehehehe….tetep…minta event…iya….insya Allah kalo ada ya…ato ga kasih aja cv kamu ke aku…sapa tau kalo aku ada…bisa aku ajak gabung dieventku….itu kalo kamu mau…

    haha…melamar ya mas, saya maunya dilamar hehehehe

    20/06/2009 pukul 12:00 am

  28. larass said: saya maunya dilamar

    waduh jeritan dari hati terdalam nih kayanya hehehehemaaf ya cm bercanda kok ras…

    20/06/2009 pukul 12:00 am

  29. nohairs said: waduh jeritan dari hati terdalam nih kayanya hehehehemaaf ya cm bercanda kok ras…

    loh kok minta maaf mas haha la saya juga bercanda kokkena tipu neh…

    20/06/2009 pukul 12:00 am

  30. Ping-balik: Kenangan Bersama FIF n B’One «

Tinggalkan Balasan

