Pecak Panggang…

Pecak Panggang

Welcome!! Jumpa lagi neh kita, eh kita…haha

Kali ini giliran pecak panggang. Uhuiiiii ini makanan khas Pekalongan. Hmmm mungkin karena olahannya panggang ditumbuk sampai memar eh maksudku sampai sedikit remuk kali yaahhh atau karena panggangnya suka pencak silat?? Hahaha ngacau neh saya, entahlah yang jelas ini makanan sederhana. Biasa dijumpai di warteg warteg yang menunya khas Pekalongan. Kalau di kota saya, warteg dengan menu ini yang palin terkenal dan enak tuh ada di deket rumah saya. Nama warteg nya BUJANG LAPUK. Warungnya sederhana bahkan sangat sederhana. Tapi pembelinyaaaa buaanyyaaaakkkk….dan menu paling laris yah ini Pecak Panggang dan untuk pendamping *waduh ada pendampingnya* menu ini biar lebih sedap dan mantap adalaaahhh sayur asem jawa. Wuiiiihhhhh gak bisa dijelasin dengan kata kata deh soal rasa masakan sayur asem pecak panggang. Yummmiiiii….

Disini saya tidak mencantumkan sayur asem nya tapi lebih ke pecak panggannya. Hmmm kita beli panggang berbentuk kotak kotak, dan itu banyak dijumpai di pasar pasar tradisional kota saya, banyak pilihan panggang nya. Mau yang masih berbentuk ikan?? Mau yg berduri?? Atau mau yang tanpa duri?? Terserah tapi kalau untuk pecak panggan yang ini lebih mantap panggang yang gak berduri.

Kenapa berbentuk kotak?? Sebenarnya ini ikan pindang yang diambil dagingnya trus diolah menjadi kotak kotak seperti digambar. Dan biasanya didalamnya diselipin lidi, apa yah lidi?? Gunanya lidi ini untuk mengeratkan daging itu biar gak remuk. Cara bikinnya ikan panggang ini?? Waahhh sayang sekali yah saya belum survei. Kita ngomongin masakannya ajah yahhh

Cara masaknya, panggang digoreng biasa. Jangan sampai gosong yaahhh soalnya panggang ini udah setengah matang pas pengolahannya jadi kalau kegosongan ntar rasanya pahitnya banget. Setelah digoreng dan ditiriskan, kita lanjut bikin sambal.

Soal sambal terserah selera deh, mau sambal digoreng dulu atau sambal mentah. Tapi kalau yang khas nya Pekalongan sih sambal mentah. Cabe merah, hijau dihalusin sama tomat juga boleh gak pakai tomat juga boleh. Tapi sebenarnya gak pake tomat soalnya kenapa?? Sambal mentah kalau pakai tomat ntar cepat basi. Disini saya pas bikinnya pake tomat karena saya suka tomaaaaatttt….*lol* terus kasihlah sedikit terasi bakar. Kalau mau lebih enak lagi yah boleh kok dicampur ini itu, sesuai selara saja dah pokoknya. Eiitttt jangan lupa garam atau masako juga boleh.

Makan pecak panggang lebih nikmat pake nasi yang masih anget atau panas. Berasa deh mantapnya, keringet keluar semua. Yah gimana gak berkeringat yah kalau makan makanan panas dan pedas belum lagi kalau sama sayur asem, lebih enak juga sayurnya masih panas.

Biasanya kalau saya make sayur asam, pasti kulebihkan kuahnya dipiring nah ntar tinggal kasih deh sambal trus diseruput deh airnya.

Eeehhh tunggu dulu…..mau lebih nikmat lagiiiiii, tambahin tuh tempe goreng asli Pekalongan yang bentuk nya segitiga. Ditumbuk dah tempe goreng itu diatas coek alias cobek bersamaan panggang gorengnya. Huaaaaa nikmaaattttttt, penasaran?? Silahkan masak sendiri hehehe

Salam Larassati!!

B-kasi, 041012//05.00′

19 responses

  1. Enak sepertinya..
    Btw, latar hitam membuat beberapa text hitam ga keliatan

    09/10/2012 pukul 2:32 am

    • Larasati

      terimakasih yaahhh sudah baca, iya judulnya gak kelihatan yahhh hmmm aku suka sama latar hitam tapi bingung gimana cara merubah warna judulnya hehehe, salam kenal yaahh

      09/10/2012 pukul 9:45 am

      • efratadenny

        Bisa ganti font dan warna pake fitur custom design. Tapi harus bayar USD 30 ke wordpress🙂
        Kalau mau latar hitam mending ganti aja ke theme yang latar gelap. Jadi begitu ganti latar ke hitam fontnya sudah memang dipersiapkan dengan latar gelap. Jadi tetap gretong. hehe

        09/10/2012 pukul 10:10 am

      • Larasati

        berkali kali gonta ganti theme neh haha tetep ajah pandangan pertama neh yg ini…hhmmm ntar kucoba cari cari lagi deh…makasih yah

        10/10/2012 pukul 6:19 am

      • efratadenny

        Sukses selalu🙂

        10/10/2012 pukul 6:42 am

      • Larasati

        sama sama yah, larass masih ajah terkagum kagum sama foto2 di rumahnya om denny *gigit jari*

        10/10/2012 pukul 6:50 am

      • Theme baru ya.. Mantap..

        12/10/2012 pukul 12:38 pm

      • Larasati

        Hehe biar gak ada tulisan yg tertutup oleh si hitam😀 btw makasih yah om sudah menenggoknyaaaa
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

        12/10/2012 pukul 3:28 pm

  2. Laras …rumahnya cantik banget
    udah ahli nih ngoperk2 WP
    *maaf OOT

    10/10/2012 pukul 4:27 am

    • Larasati

      xixixixixixi belum mba, tuh menu nya ajah belum nonggol nonggol kalau pun nonggol kok berandanya hilang yaahhh *masih bingung*

      10/10/2012 pukul 6:20 am

      • itsmearni

        dikuatak katik aja..nanti juga lama-lama bisa sendiri

        10/10/2012 pukul 7:47 am

  3. lihat fotonya jadi ngiler mbak🙂

    12/10/2012 pukul 6:42 am

    • Larasati

      xixixixixixixi tp gak ampe netes kan encesnya??🙂
      terimakasih yah mba sudah datang, salam kenaalll🙂

      12/10/2012 pukul 9:10 am

      • Ely Meyer

        nggak mbak, soalnya sdh kutelan😛
        sama sama mbak, salam kenal kembali ya🙂

        12/10/2012 pukul 9:13 am

  4. Larasati

    hahaha syukurlah kalau gitu…kirain ampe ngabisin bergulung2 tisu hehe

    12/10/2012 pukul 9:35 am

  5. sebenernya pecak tuh artinya apaan?

    12/10/2012 pukul 3:36 pm

    • Larasati

      hmmm mgkg karena panggangnya dipecak pecah yah alias dipukul2 pake cobek hahaha

      13/10/2012 pukul 7:08 am

      • hahahaha

        kasian..udah dipanggang..dipukulin pula

        21/10/2012 pukul 2:17 pm

      • Larasati

        hahahahaha resiko dia yg mau jd panggang mba😛

        22/10/2012 pukul 4:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s