Sejenak Menapak Tilas

Ini tulisan lama di MULTIPLY, tulisan ini dulu awal awalnya saya masih diantara dua pintu *ceileehh dua pintu* haha, tulisan ini bisa dibilang akhir saya yang masih yah begitulah hehe terus saya mencoba menghilang dari multiply lumayan lama dan kembali menjadi aku yang sekarang ini. *haduh kek apa sih hahaha masih sama sih cuman gak tahu yah kenapa saya tiba tiba kangen sama suasana sahabat lama di multiply.
[Tulisan Entah….] Perkenalkan Namaku Dan Aku….
M E N A L A R A S A T I
Malam selalu kelaM
Erang jiwa merajam tajam ruas etalasE
Nafas tersendak angaN
Aksara tak terbias bintang kiranA
Lihat!! aku disini melandai kanaL
Antara ada dan tiadA
Ruas mimpi mengendap-endap samaR
Ambigu rasa membuncah ragA
Sajak lah namaku kawan, pada cumbuan tak berbataS
Agar kembali luka merajut cintA
Tabir surya pun menyirat hangaT
Ingin sekali-kali ku redam gelisah, memasung angkara hati yang terbeban sepI
——————————————————————————————-

Hidup, pada hakekatnya pasti menuju jalan pulang. Meski telah jauh kaki melangkah dan angan merajam hasrat hingga sedetak saja harga telah terbayar mati. Kita pasti kembali, begitu pun dengan ku. Yang pada putusan terakhir, aku memilih diantara pilihan-pilihan yang tak sanggup aku pilih. Aku bukan pemilih maka kan kupilih yang sudah pasti ditetapkan olehNYA.

Ah sebenarnya aku paling benci dengan kata HIBERNASI. Untuk itu aku akan menggunakan kata HENING. Yah….aku ingin sekali menuju hening. Dimana yang ada antara aku dan DIA. Yang kudengar hanya bisikan alam dan suara hati. Yang kupandang hanya sebuah bayanganku dari biasan cahaya surga. Agar aku bisa menilik diriku sendiri. Mengaca pada hal-hal yang telah kulalui. Hingga kelak aku berpaling dari kebodohan-kebodohan yang diluar dugaan terlanjur kusulam.

Kawan, sekali lagi perkenalkan nama ku yang telah terpampang jelas dan pahami jika sementara waktu aku tak ada di sisi ruang-ruang yang kau miliki, walau sesekali kuayami ruang mu dengan celah asa. Bukan daya ku ketika usia ini menuai senja meski raga tetaplah ada. Bukan mau ku saat aku datang lalu akan kutinggalkan. Bukan lah aku yang dengan mudahnya melupakan. Percayalah kau tetap bersemayam dalam kalbu karena kau bagian dari rongga sebagai pengisi ruang hati yang kosong.

Tapi tuhan telah mentakdirkan demikian. Kita datang dan kita pun akan kembali pulang. Masih bolehkah kupinta maaf mu kawan agar perjalanan ini sempurna dan tiada beban menghadang? Tuhan maha melihat, tuhan maha mendengar, tuhan pun maha mengetahui dan tuhan memiliki rencana yang lebih sempurna dari rencana-rencana yang telah kita rajut bersama kawan. Sungguh ini bukanlah ingin ku tapi kesombongan ini telah lelah aku menopangnya. Aku bosan berdiri pada istana yang tak sengaja terciptakan sementara aku hanya duduk menunggu waktu kematian menjemputku.

Ah….andai saja kau dengar yang kukata. Andai saja kau membaca kata-kata apa yang telah kugoreskan dengan tinta hati pada selembar kertas kehidupanmu. Andai saja kau menapaki setiap jejak-jejak yang kukais dalam mimpi. Andai saja kau mengerti bahwa aku benci sepi. Andai saja andai saja andai saja bla bla bla bla bla…….CUKUP!! Bukan saatnya untuk berkata ANDAI tapi memberi bukti nyata pada apa yang semestinya terjadi pada kita. Tentunya atas nama tuhan aku berjalan.

Diujung kata ini, masihkah pantas kuharap kata maaf dari mu kawan?? agar jiwa dan raga mendekap erat sebuah harapan lalu kita akan berkumpul lagi pada istana yang lebih abadi. Sekali pun derita melanda. Bagiku derita ini adalah cambuk bagi kesombongan dan alpanya aku pada tuhan, pasti tuhan akan menunjukkan jalan bagi hambaNYA yang ingin pulang. Karena pada semestinya tuhan ada dimana-mana.

Jika pakaian taqwa tidak dipakai seseorang
Telanjanglah ia walau berpakaian
Jika hati suci dari dendam kusumat
Pakaian apapun yang dipakai, indah terlihat

[Quraish Shihab]
*********tulisan lama yang telah kurevisi ini untukmu sebagai seseorang yang telah menjadi napas dalam setiap langkah kakiku, walau akhirnya aku harus pergi meninggalkanmu. Kau tahu kenapa?? Kepergianku karena aku takut tenggelam dalam cinta yang kurajut untukmu sementara aku tak sanggup berucap “aku mencintaimu” maka lebih pantaslah aku pergi meninggalkanmu karena cinta ini sudah pada takdirnya “tidak akan pernah menyatukan kita sekalipun kita mencoba membangun dinding kokoh penghadang luka, walau kita berkukuh kuat menegarkan jembatan cinta kita namun apa daya jika akhirnya rubuh hanya oleh sepatah kata yang membuat hati terluka. Dengan bersusah payah pun kita membangun istana dengan atas nama cinta jika cinta memang bukan untuk kita, apa lagi yang mesti kita perbuat? sementara waktu tak sedetik pun berhenti dan roda kehidupan terus berputar maka kita harus tetap berjalan sekalipun tak lagi kita sejajar tapi doa kita tetaplah saling menopang pada kelemahan-kelemahan yang kita miliki karena rasa ini tetap tumbuh dan selamanya ada untukmu hanya huruf saja yang berubah yaitu SAYANG tanpa mengurangi makna dan harapan ku menjadi yang terbaik untuk kita semua. Tak akan sedikitpun rasa sayang ku berpaling darimu karena rasa ini telah menyatu dalam kata yang kusenandungkan pada setiap sujud-sujud ku. Bagiku setiap kata adalah doa dan semoga saja tak ada kata luka dan dendam yang terucap namun kata cinta dan rindu yang terlantun indah. Untukmu, untukku dan untuk orang-orang yang sama-sama kita cintai. Insya Allah aku rela untuk semua yang pernah ada hanya semata-mata karenaNYA”
Doa Dari Kawan di Seberang…
by Arunawa

Muliakan dia siang dan malam
Eratkan setiap keraguannya menjadi pilar namanya sabar
Nanti kala iya merasa sendiri, perlihatkan kepadanya arti kekuatan cinta disekelilingnya
Aliri setiap harinya kebaikan atas-Mu

Lalaikan ia dari kemungkinan yang membuatnya menjadi merugi
Ajari dia cara mendekatkan jidatnya kepada kebesaran-Mu
Rangkul kala rapuhnya
Amanahkan kepadanya kesanggupan memecah kesedihan
Selamatkan dia dari ketakutan yang menjepit perasaannya
Alamatkan setiap kemudahan terhadap segala usahanya
Tingkatkan keimanannya
Ingatkan kala lupanya….

Salam!!

Tepian Kota Mimpi, 180310//18.30′

Daaaaaaaannnnnnnnnnnn ini ada jawabannyaaaaaaa dari tulisan saya diatas itu hehehe *ngambil dari sini* 

terpaksa saya copy juga aahh biar buat kenangan disini🙂

Sedari tadi aku menunggumu disini. dihutan akasia randu dan jati. disini dulu kita pernah menyiangi diri sambil memahat nama lewat paut tangan kita yang kita bilang punya ciri. dulu ibu sering menggelengkan kepala karena kerap mendapati kita menguliti kambium. Lalu kita bilang ini akan jadi pohon raksasa dimana nama kita akan membentang melingkar mengikutinya. kitapun semakin sore, menendang kaleng bekas dan berlarian memintal batas waktu layaknya perjalanan datu Museng dan Maipa.

sekarang aku menunggumu disini, meminta kepada langit agar suasana mirip sebelumnya yang dulu itu, atau sedikit sama. ekor senyummu masih dipelepah daun jati kering itu, yang kau tanam tempo hari. aku bertanya untuk apa?. dan kau menjawab, suatu saat sejarah akan menceritakannya kembali kepada kita tentang bisik akasia randu dan jati saat magrib menyusahkan kita kembali kerumah. Tahukan kamu seberapa kali kita mencoba interupsi tentang batang-batang hari yang kita lewati dibenih yang muda, mengapa mahameru dicipta mega?, mengapa niagara termahsur sampai ditelinga kita, rahasia itulah yang membuat kau
membungkus mimpimu dipagi hari berharap sore lipatannya bisa tetap rapi sedia kala.

sekarang aku menunggumu disini. ditempat duduk tak bersandar, dibangku batu yang sudah khatam mengenal keluh kesah kita setelah seharian berjibaku bolos bersekolah, akhirnya jemuran uyup karena tiba-tiba hujan sore hari, dan kau lebih banyak menghabiskan sisa waktumu disini.

Meski demikian telah lama lalu, namun kini namamu telah berubah menjadi serat dan akar. Intuisi menerka rekaman masa silam. ada lipatan kesedihan disini namun lebih banyak bentangan kebahagiaan kita merapi dibawah pohon. jika kata orang cinta itu nama lain dari pengorbanan, maka ini yang patut kita pertanyakan apakah yang tengah kita rasakan ini adalah cinta atau hanya pengorbanan biasa.

lalu dicermin ku ukir namamu dengan uap ragu-ragu kubaca seperti ini:

MENA LARASATI

Masihkan aku akan menemuimu kelak
Entah pada batang dan jarak tunas dengan akar sedemikian jauh melampaui kita
Nadi sudah terlalu sering dijadikan puisi dan
Aku tak sempat menitipkan sesuatu untuk sekedar kau ingat kelak.

Laun kita akan terpisah walau bukan sekarang atau besok
Alangkah senangnya menjadi karibnya kita selama beberapa tahun hingga sekarang
Ranting yang sempat kering tak lagi singgah pada batang melainkan jatuh ditanah
Angin sekonyong itu telah menghempas dadamu tanpa ragu
Sakit katamu. walau perih bisikanmu seperti jimat dalam dada kita. dan
Akhirnya kita akan kembali diam menggendong lutut sambil berdekap kuku
Tinggal ini kawan, rayuan untuk membuatmu semakin iman kepadaku. bahwa
Ingaat. Aku dulu dan sekarang hanya beda usia, karena sela diantara jariku masih ingin kau ripit dengan tanganmu untuk sekedar menarikku kembali duduk di bangku batu kita pagi hingga sore

Maniskan?…
kita mendalaminya
walaupun banyak kisah pedih yang sudah pasti merajam nasib, tahukah kamu bahwa ternyata kita ada satu malam, ada satu hari, ada satu minggu, ada satu tahun, satu abad yang berjarak namun dekat walau tak bisa saling bersentuh, namun kekuatannya melebihi tarikan kutub-kutub.

Mari kuikat jajar namamu pada DOA

Muliakan dia siang dan malam
Eratkan setiap keraguannya menjadi pilar namanya sabar
Nanti kala iya merasa sendiri, perlihatkan kepadanya arti kekuatan cinta disekelilingnya
Aliri setiap harinya kebaikan  atas-Mu

Lalaikan ia dari kemungkinan yang membuatnya menjadi merugi
Ajari dia cara mendekatkan jidatnya kepada kebesaran-Mu
Rangkul kala rapuhnya
Amanahkan kepadanya kesanggupan memecah kesedihan
Selamatkan dia dari ketakutan yang menjepit perasaannya
Alamatkan setiap kemudahan terhadap segala usahanya
Tingkatkan keimanannya
Ingatkan kala lupanya….

Untuk arti nama yang sering kamu pertanyakan pada angin, maka nama itu adalah DOA….
maaf mbak larass kalau tidak sesuai hasilnya…

otak lagi beku sebagai alasan pembenaran tentang kemampuan yang hanya sampai disini….

….salam tempel Arunawa….

Bener bener suasana multiply itu penuh persahabatan yang kekal sekalipun multiply benar benar sudah koit dan si pemilik nama diatas sudah tidak aktif ngeblog tapi tetap berkomunikasi lewat ping pong ping pong🙂 dan saat ini saya sedang dalam rangka membangkitkan kembali gairah puisi saya. Pasti Bisa!!

43 responses

  1. blom baca tapi dah ngantuk jadi PERTAMAAAXXXXXXXXXXXXXXXX…….Jakakakakakakakkkkkkk *terguling-guling dari lt1*

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  2. Dilema

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  3. 🙂 saya tak mau commet lebih, hanya pengen bilang : De Larass, semangat…..ya !!!

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  4. 20/03/2010 pukul 12:00 am

  5. puisi paling atas itu..kok bisa yaa merangakainya dari kata MENA LARASATI

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  6. hehehe seperti melihat aq setahun yg lalu, tp aq sdh melewati fase2 itu dan skarang sudah bangkit dan bisa mentertawakan saat2 bodohku dulu.semangat kk ku! i know you can do it. bersedih boleh,asal jgn berlarut,hidupmu masih sangat puanjaaaang ^^

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  7. signora05 said: blom baca tapi dah ngantuk jadi PERTAMAAAXXXXXXXXXXXXXXXX…….Jakakakakakakakkkkkkk *terguling-guling dari lt1*

    waduh kasihan amat pak guru, terguling ampe jatuh ke lantai 1. mang dari lantai berapa????

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  8. signora05 said: blom baca tapi dah ngantuk jadi PERTAMAAAXXXXXXXXXXXXXXXX…….Jakakakakakakakkkkkkk *terguling-guling dari lt1*

    so sweet…sulaman kata2nya

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  9. ivoniezahra said: Dilema

    hehe enggak kok Vone🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  10. dhaimasrani said:🙂 saya tak mau commet lebih, hanya pengen bilang : De Larass, semangat…..ya !!!

    terimakasih bang Tami untuk pengertian dan persahabatannya🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  11. dhaimasrani said:🙂 saya tak mau commet lebih, hanya pengen bilang : De Larass, semangat…..ya !!!

    haiyaaaahhhh hihihihihi

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  12. nitafebri said: puisi paling atas itu..kok bisa yaa merangakainya dari kata MENA LARASATI

    hehehe…..belajar dari teman2 MP kok Nita🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  13. kaniaknightly said: hehehe seperti melihat aq setahun yg lalu, tp aq sdh melewati fase2 itu dan skarang sudah bangkit dan bisa mentertawakan saat2 bodohku dulu.semangat kk ku! i know you can do it. bersedih boleh,asal jgn berlarut,hidupmu masih sangat puanjaaaang ^^

    iya Nia, harus bisa dan pasti bisa!!! makasih ya Nia🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  14. kaniaknightly said: hehehe seperti melihat aq setahun yg lalu, tp aq sdh melewati fase2 itu dan skarang sudah bangkit dan bisa mentertawakan saat2 bodohku dulu.semangat kk ku! i know you can do it. bersedih boleh,asal jgn berlarut,hidupmu masih sangat puanjaaaang ^^

    Mena Larasatibukankah seorang yang lemahjalani yang telah kau putuskan jangan sesali dan tuntaskandan kau takkan pernah sendiri karena temanmu selalu mendukungmu dibalik rajutan doa doanya.Itulah hidup.

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  15. fitrahanugrah said: so sweet…sulaman kata2nya

    Apa kabar Pak Fitrah???? terimakasih sudah datang, sudah lama yah Larass gak baca tulisan bapak🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  16. fitrahanugrah said: so sweet…sulaman kata2nya

    Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  17. elok46 said: Mena Larasatibukankah seorang yang lemahjalani yang telah kau putuskan jangan sesali dan tuntaskandan kau takkan pernah sendiri karena temanmu selalu mendukungmu dibalik rajutan doa doanya.Itulah hidup.

    hmmmm saya tidak pernah menyerah Elok, terimaksih untuk semangatnya kawan🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  18. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    wakakakkkk apa kubilang???? hihihihihi

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  19. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Semangat ya Larass.Puisi2nya cantik, indah dibaca.

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  20. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    . . . legowo,bgtu kira2 yg kubaca. . .Nice🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  21. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    semangat…semangat…semangat…Allah Maha Tau yang terbaik untuk kita…selamat sore larasss🙂

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  22. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    selengkapnya puisi tentang “Memahat Prasasti MENA LARASATI bisa dilihat disinihttp://arunawa.multiply.com/journal/item/55/memahat_prasasti_Mena_Larasatihahahaha…….Promo oe…….

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  23. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Maju terus pantang mundur!

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  24. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Bingung mo koment apa, yg jelas kata2ny dalemmm. . .semangat ya jeung!

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  25. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    laras, aku suka tulisan dan puisimu. aku suka rasa yang ada disini, aku tau seperti apa rasanya *dalam pemikiranku tentunya🙂 sungguh luka, kecewa, perih, kehilangan tak terpungkiri, begitu juga bahagia yang selalu akan tepat dan indah pada waktunya. hiks…aku membaca ini sangat terharu… rindu itu sebuah jalan, kepulangan kita pada Sang Kehidupan *semangat sist… *hugs…

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  26. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    hip hip hurray

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  27. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    wah.. mau ngomong apa ya..LUPASABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  28. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    MENA LARASATI

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  29. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    tetap semangat.. MAJU PERUT PANTAT MUNDUR ya ras..

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  30. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    tetap semangat.. MAJU PERUT PANTAT MUNDUR ya ras..

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  31. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    nape ras? Perasaan jd agak2 masuk maret ini.

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  32. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    iya…silakan baca postingan om arunawa….dijamin suuukkaaa….Mbak larass, just enjoy every moment in your live yaa….^^

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  33. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Laras kuat,dan harus bisa!

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  34. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Aku tak tahu Tuhan sedang bermain atau mengejek ciptaanNya

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  35. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    Bingung mo koment apa mba? T_T Met pagi mba Laras

    20/03/2010 pukul 12:00 am

  36. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    semoga kau menemukan cinta sejatimu suatu hari nanti.btw,tangan kirinya pas lg megang HP buat foto kan hehe..

    21/03/2010 pukul 12:00 am

  37. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    suka kata2 quraisi sihab..sudah melandai kanal sebelah mana laras?

    21/03/2010 pukul 12:00 am

  38. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    semangatt… semangatttt selalu mba mena larasati :)*puisi awalnya keren bgt bisa gitu🙂

    24/03/2010 pukul 12:00 am

  39. auliarachma said: Mantap ras, kau masuk group MLTR🙂

    kenapa menyerah sampai disini… ???

    07/04/2010 pukul 12:00 am

  40. Ini tulisan di MP kah? postingan cantik, rangkaian kata-katanya indah… waaah kapan teteh bisa nulis kaya begini ya?🙂
    Sekarang sudah semangat khan…?🙂

    12/10/2012 pukul 3:03 pm

    • Larasati

      Iyaa the dewiii, kangen juga sama suasana mp yaahhh hehehe. Ini tulisan 3 maret 2010, udah lama yaahhhh tau neh semangatku kendor kian kendor hehe
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      12/10/2012 pukul 3:08 pm

  41. kalimat kalimatnya dalam dan penuh makna mbak🙂

    13/10/2012 pukul 4:04 am

    • Larasati

      🙂 padahal saya bikinnya gak sampai sedalem sumur loh mba xixixixi #eh😀

      13/10/2012 pukul 7:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s