Weekly Photo Chalengge : BIG #2

Big is a feeling that I want to share about my life.

Sebuah tradisi lebaran di Kota Pekalongan adalah penerbangan balon Raksasa 1 minggu setelah lebaran idul Fitri

Setahun sekali, langit langit di Kota Pekalongan selalu dihiasi balon balon raksasa yang berterbangan. Berwarna warni dan selalu beragam bahkan untuk satu balon biasanya selalu disertai dengan beberapa mercon dan anakan balon alias balon kecil kecil dan balon payung kecil kecil, yang nantinya pas balon sudah setengah terbang mercon akan saling meledak dan balon balon kecil serta payung payung kecil nya pun akan berjatuhan dan berterbangan. Hmmm semacam hujan uang bila mercon meledak diatas haha maksudnya kertasnya itu loh kan berjatuhan dari langit terus balon balon kecil dan payung payung kecil seperti hmmm apa yaahh…hehe

Ritual penerbangan balon raksasa ini berarti lebaran idul fitri sudah berlalu seminggu dan biasanya penerbangan ini di pagi pagi hari dimana angin masih belum terlalu kencang. Namanya ritual syawalan.

Syawalan di Pekalongan tidak hanya penerbangan balon raksasa saja tapi yang paling serunya itu adanya Lopis Raksasa yang diadakan di kawasan Krapyak.

Seingatnya saya dulu, syawalan itu acara makan gratisan di daerah Krapyak *kebetulan banyak sodara disana jadi tiap tahun selalu syawalan*. Dimana tiap tiap rumah menyajikan makanan khas syawalan berupa lotekan *rujak iris*ย  dan lopis trus minumannya sirup merah, rata rata sirup nya mereka membuat sendiri jadi masing masing rumah sirup nya rasanya berbeda.

Trus namanya syawalan itu rame dan padaaattt karena selalu ada pemotongan lopis raksasa yang dilakukan oleh walikota Pekalongan. Sampai sekarang saya belum pernah lihat langsung lopis raksasanya dengan mata saya sendiri, selalu dari foto saja. Kenapa?? karena saya paling tidak suka desak desakan sama orang orang hehehe secara yang mau nonton lopis raksasa itu buuuuaaannnyyyaaaakkkk banget bahkan mereka saling berebutan meraih lopis nya.

Terus yang paling seru di syawalan ini *buat saya loh yaahh* yaitu naik getek hehehe padahal kapan pun bisa kita naik getek kalau mau ke Krapyak dari arah Panjang Wetan tapi kan gak seru yah hehehe gimana yah rasanya pokoknya buat saya selalu beda mungkin karena sudah jadi tradisi keluarga saya kali yah tiap syawalan selalu naik getek.

Jalanan menuju ke Krapyak kalau sudah siang selalu ditutup untuk kendaraan jadi harus nyebrang pake getek lewat daerah Panjang Wetan. Dan keluargaku selalu kalau datang rada siangan jadi yah selalu naik getek itu terus ke rumah sodaranya jalan kaki padahal lumayan jauh antara rumah sodara saya yang satu ke sodara saya yang lainnya haha tapi gak berasa loh mungkin karena saking ramenya dan rata rata memang pada jalan kaki. Jadi gak berasa kalau sudah jalan jauuuuhhhhh….beda kalau pas hari hari biasa, suruh jalan dari gang 1 ke gang 2 ajah pasti naik motor kalau jalan kaki huuuaaa panaaassss hehehe *Panjang Wetan dan Krapyak ini daerah pesisir pantai jadi bisa dibayangkan gimana panasnya*

Seingat saya dulu sih, syawalan di daerah Krapyak ini merupakan puji syukur para warga di daerah Krapyak yang notabene rata rata adalah pengusaha Batik dimana merupakan rasa syukur karena sebelum lebaran pesanan Batik nya meningkat jadi niatnya berbagi rejeki. Sebenarnya sampai Klego dan Panjang Wetan juga sih tradisi syawalannya tapi yang lebih terkenal itu hanya Krapyak. Istilah syawalan biasanya diganti dengan nama Krapyak-an.

“Yuk krapyak an yuk numpak getek karo mangan lotekan, ono lopise juga ogh” gitu rata rata orang orang yang mau ke syawalan๐Ÿ˜€

*just save my memory in my life*

 

B-kasi, 171012

 

Salam

Mena Larasati.

NB : foto yg lopis raksasa dari sini selebihnya koleksi pribadi๐Ÿ™‚

16 responses

  1. woowwww ….. fotonya cantik cantik mbak, baru tahu aku kalau ada tradisi bagus begitu di sana usai Idul Fitri mbak, pastinya seru naik gethek smabil makan lopis y ambak, apalagi rame rame bareng keluarga. Itu balonnya adakah yang menaiki?๐Ÿ™‚

    17/10/2012 pukul 9:12 am

    • Larasati

      wah yah ngak ada mba, kan itu balonnya isinya uap panas trus dibawahnya balon ada mercon nya

      17/10/2012 pukul 9:46 am

  2. asik ya?

    17/10/2012 pukul 9:56 am

    • Larasati

      maen om kalau lebaran seminggu ke pekalongan dijamin seruuu lihat balon raksasa berterbangan di langit

      17/10/2012 pukul 10:53 am

      • someday, I will..๐Ÿ˜€

        17/10/2012 pukul 1:09 pm

      • Larasati

        wah ditunggu deehh…..itu lokasinya dekat sama rumah saya hehe, dimasing2 kelurahan pasti ada sih

        17/10/2012 pukul 2:32 pm

      • asik, dapet guide gratis nih..๐Ÿ™‚

        17/10/2012 pukul 2:39 pm

      • Larasati

        siiiiaaappppp…..tapi jangan kaget yah kalau ketemu saya hahaha #nginep juga boleh cuman gubug nya udah reyok xixixixi tp kabar2 dulu om soalnya kan larass lg merantau๐Ÿ˜€

        ntar kuajakin nonton lopis raksasa juga, eh ada juga loh pesta duren tapi lokasinya lumayan jauh, daerah pinggiran kotanyaaa….saya belum pernah sih soalnya biasanya itu 2 mingguan setelah lebaran n itu dah pasti saya dah balek ke negeri rantau๐Ÿ˜€

        17/10/2012 pukul 3:00 pm

      • *nyelengi disik..

        18/10/2012 pukul 3:56 pm

      • Larasati

        hoho sini om nyelengine di celengan aku ajah hahaha

        19/10/2012 pukul 5:49 am

      • walah..

        19/10/2012 pukul 7:41 am

      • Larasati

        ๐Ÿ˜›

        01/11/2012 pukul 11:40 am

  3. seruuuu

    17/10/2012 pukul 10:39 am

    • Larasati

      iya dooooooowwwnnnnggg cyyiiiinnttthhhh gak cuman batik nya ajah yg terkenal tapi juga ritual syawalannyaaa kalau lebaran nya malah sepi

      17/10/2012 pukul 10:54 am

  4. Nice series of photos for the theme BIG

    19/10/2012 pukul 3:08 pm

    • Larasati

      thanks you om Deny๐Ÿ™‚

      19/10/2012 pukul 3:53 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s