[Jejak Kaki] Danau Kerinci…

Mencoba mencari arah mata angin yang kan menuntun kaki kaki kita untuk kembali menyetubuhi surgaNYA. Bukankah sesekali jejak itu perlu kita punguti kembali demi meraih mimpi??

 

Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Jambi, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Kerinci. Danau ini memiliki luas wilayah 5000 m persegi dengan memiliki ketinggian 783 m.

Danau yang terletak di kaki Gunung Raja ini merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci.

***** baca disini

Saat saya kesana itu di akhir tahun 2008. Kebetulan saja sih kesana nya hehe maksudnya tetap dalam nuansa kerja jadi yah begitulah tidak bisa jalan jalan kemana mana kecuali hanya melihat keindahan Danau Kerinci, hamparan kebun teh Kayu Aro dan Pemandian Air Panas Semurup.

 

Siapa sih yang gak tahu Danau Kerinci?? eh itu danau benar benar keren yah dan setiap tahun selalu diadakan yang namanya Festival  Danau Kerinci.  Dimana menampilkan beberapa tradisi budaya, seperti meniup serunai padi, kisaran padi, karnaval usuh atau bubut lancah, serta tari-tarian adat lama yang hampir punah. Tapi sayang, pas saya kesana bukan bulannya festival jadi gak bisa lihat deh padahal pengen banget lihat secara langsung.

 

Kalau kebun teh Kayu Aro, ini dibuat oleh pihak Belanda. Saya ingat beberapa hal soal kebun teh ini, dulu pernah bertanya tanya sama salah satu pekerjanya. Kalau gak salah itu perkebunan dulunya milik Belanda. Dan para penghuni kerajaan #kalau tidak salah# suka sekali meminum teh dari daerah Kayu Aro. Ceritanya juga, hasil panen teh di daerah tersebut pun tidak dinikmati warga setempat kecuali KW kesekian. Eh ternyata teh juga ada KW nya yah kayak tas dan dompet import ajah hehe. Tapi bener loh, kalau ketahuan warga yang mengambil hasil panen dari perkebunan itu akan kena sangsi.

Untuk hasil panen KW 1 dikirim ke Belanja. Sedangkan warga setempat hanya KW kesekiannya. Hmmm sampahnya kali yah?? entahlah. Yang bikin saya tercenggang yaitu ternyata kampung Kayu Aro itu adalah kampung Jawa yang ada disana. Loh kok bisa??? Iya rata rata para pemetik teh nya adalah orang Jawa yang merantau kesana. Weleh, Jawa menyebar kemana mana rupanya.

 

Nah, terakhir yang saya kunjungi pas di Kerinci yaitu Pemandian Air Panas Semurup. Permandian ini konon ceritanya dulu dipake buat bunuh diri. Dimana si lelaki menyeburkan dirinya ke danau yang membuih ini hanya gara gara cintanya tidak direstui oleh pihak perempuan. Iiihhh serem juga yaahh soalnya dulu katanya yang bunuh diri disitu tuh langsung melepuh dan mati. Gimana gak melepuh yah lah wong pemandian itu kalau dicemplungin telor mentah dalam waktu 5 menit udah matang dan langsung bisa disantap.

 

Saya jadi kangen pengen kesana lagi dan menikmati pemandangan disana serta ngobrol ngobrol lagi sama penduduk Jawa yang disana. Pengen foto foto lagiii haha semua foto tidak saya tampilakn karena banyakan foto narsisnya saya yang belum tertutup heheheh jadi tidak dipublish, sebenarnya pernah terpublish di mulkiplid tapi kena gusur makanya publish lagi disini.

 

#just save my memory in my life#

 

B-kasi, 221012

 

Salam

Mena Larasati.

 

21 responses

  1. aku rung tau.. tenin!

    22/10/2012 pukul 11:17 am

    • Larasati

      mrono yukk # eh

      22/10/2012 pukul 11:27 am

      • kandani rung tau mrno, ra ngerti dalane…😀

        22/10/2012 pukul 11:32 am

      • Larasati

        malu bertanya sesat dijalan om jadi biar gak kesesat yah bertanya hehehe

        22/10/2012 pukul 2:02 pm

      • jogjanya mana mbak? :p

        22/10/2012 pukul 2:56 pm

      • Larasati

        haha susah neh nanya ama makhluk Tuhan yg satu ini hehehe

        22/10/2012 pukul 3:17 pm

      • melu aku😛

        23/10/2012 pukul 12:33 pm

  2. randompeps

    kalau gunung kerinci dimana?😛

    22/10/2012 pukul 3:03 pm

    • Larasati

      saya gak sampai ke gunung kerincinya, harusnya nampak tuh gambarnya tapi ketutup awan mendung yang dari pemandangan kebun teh itu

      22/10/2012 pukul 3:16 pm

  3. ku sudah daki gunung kerinci berapa kali ya?
    asik ya pemandangannya..

    23/10/2012 pukul 1:28 am

    • Larasati

      eh mba tin emang hebaaattt….larass gak ampe ndaki mba tapi cuman lihat dari jauh sajaaa dan kereeennn

      23/10/2012 pukul 4:19 am

  4. Darmanto Muat

    Saya juga belum tau.. kalo denger dan ngejawab soal kala SD sih pernah… hehe🙂

    pingen🙂

    23/10/2012 pukul 3:39 am

    • Larasati

      ayo kesanaaaa rame rame hehehe makasih yah om sudah datang disini, salam kenal🙂

      23/10/2012 pukul 5:05 am

      • Darmanto Muat

        oke..oke… boleh dengan akomodasinya ya.. hehe🙂

        23/10/2012 pukul 6:24 am

      • Larasati

        haha okeh okeh akomodasi biar saya yg atur tp dari rekening om kan?? hehe

        23/10/2012 pukul 7:47 am

  5. elok46

    ada kebun teh juga ya ???
    jadi inget di puncak kangen kesana

    23/10/2012 pukul 4:42 pm

    • Larasati

      itu kabarnya kebun terbesar loh di asia hehe #lupa lupa ingat#

      24/10/2012 pukul 8:27 am

      • elok46

        waaaaaaaaaaaaaaah keren

        24/10/2012 pukul 9:40 am

      • Larasati

        kesaa yuuuuukkk pas ada festival danau kerinci pasti seruuu keknyaaa

        24/10/2012 pukul 1:57 pm

      • elok46

        duiteeeeeeeeeeeeee ra ono🙂

        24/10/2012 pukul 2:38 pm

      • Larasati

        nyelengi sek

        25/10/2012 pukul 5:28 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s