Kembalikan Pohonku…

Dimana letak nurani itu jika akhirnya kau hancurkan juga tanah yang menjadi rumahku dan kau tebang pepohonan yang menjadi tempat tidurku…adakah gigil batinku tak jua kau rasakan??

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tiap tahun di tanggal 21 November adalah Hari Pohon Sedunia. Dan yang telah kita sadari bahwa semakin kesini banyak sekali hutan hutan yang mengalami kepunahan fungsi nya.

Penebangan liar hanya karena alasan untuk pembukaan lahan baru atau penebangan liar yang dikarenakan hanya untuk pengembangan sebuah proyek. Sudah tidak asing bagi kita bukan?? Tapi apakah kita sadar bahwa penebangan liar hutan itu adalah awal kehancuran bumi kita?? Bumi dimana kita hidup dan menginjakkan kaki. Bumi dimana menjadi nafas dan jantung kehidupan kita. Tidak heran walau berbagai peringatan sudah digembar gemborkan tetap saja penebangan itu terjadi dan semakin terjadi.

Saya ingat betul, banyak juga binatang yang menjadi mengamuk saat rumah mereka dihancurkan. Iya, kita tahu bahwa hutan itu adalah rumah bagi para binatang yang memang hidup dalam hutan. Pernah dengar bukan dulu Gajah yang di Lampung sering mendatangi perkampungan perkampungan hanya sekedar ingin mencari makan karena merasa sumber makanan bagi mereka sudah berkurang. Bahkan Harimau Sumatra yang kelaparan pun juga pernah masuk ke perkampungan dan memakan anak kecil.

Tak hanya binatang hutan yang akan merasa marah jika hunian mereka dihancurkan. Coba kita tenggok, alam pun sudah menunjukkan kemarahannya. Banjir, tanah longsor, badai, gempa, iklim yang tak lagi konsisten itu juga dampak dari penebangan pohon secara liar. Pemanasan global dan efek rumah kaca yang semakin meraja di kota kota besar. Lihat saja Jakarta, semakin banyak bangunan bangunan pencakar langit yang dengan gagahnya berdiri dengan kokohnya. Seolah olah ingin menunjukkan bahwa “akulah yang berkuasa sekarang” (aku=gedung=penguasa).

Sedih dan sangat miris sekali dengan keadaan alam dan hutan sekarang ini. Keadaan yang kian memprihatinkan. Bagaimana nanti nasib anak cucu kita yah jika keadaan bumi ini tidak segera dirubah??

Teman, jangan menyerah. Teruslah berjuang untuk kebaikan bumi yang menjadi tempat tinggal kita. Mungkin dengan memulai dari hal kecil, menanam pohon di perkarangan itu adalah contoh yang bisa siapa saja melakukannya. Membuang sampah pada tempatnya juga salah satu cara untuk memperbaiki bumi kita bukan?? Kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan sendiri. Selebihnya menanam pohon pohon untuk mengembalikan fungsi penghijauan bumi kita. Mengembalikan fungsi hutan pada semestinya sebagai rumah bagi binatang binatang yang memang tinggal di dalam nya dan sebagai penghijauan bagi bumi yang semakin tua.

Semakin kita memperhatikan bumi maka akan semakin nyaman tempat kita menginjakkan kaki dan bernafas. Memperbaiki bumi dengan cara menanam pohon adalah cara satu satunya untuk kehidupan yang lebih baik di kemudian jaman. Selamat Hari Pohon Sedunia.

 

Salam Larassati!!

B-kasi, 201112//23.00′

 

NB : ****tulisan ini sebenarnya ingin diikut sertakan dalam lomba ini tapi kok bingung yah kemana link lomba ini dikirim?? hehe karena web nya masih belum sempurna. Web mosquelife.com adalah pindahan dari multiply yang sebentar lagi tutup dan sementara web sedang dalam renovasi, entahlah semoga tulisan ini sampai ke jurinya hehehe dan foto foto yang dipajang disini adalah hasil jepretanku saat aku mengikuti sebuah event tentang penghijauan kembali hutanku di Taman Buah Mekar Sari dua tahun silam. Foto foto itu adalah poster poster besar yang dipajang di setiap sudut acaranya. Sebenarnya masih banyak tapi berhubung foto fotonya ada di laptop yang atuhnya dan yang di laptop ini hanya ini yahsud ini saja yang diupload, Insya Allah menyusul ke postingan selanjutnya🙂

#just save my memory in my life#

kasih bonus lagu aahhhh

apa yah kira kira lagu yang bertema penghijauan??😀

26 responses

  1. ~Ra

    Cangkul.. cangkul.. cangkul yang dalam….
    Gitu lagunya..😀

    20/11/2012 pukul 5:38 pm

    • menanam teh di kebun tetangga

      21/11/2012 pukul 12:24 am

      • Larasati

        menanam jagung di kebun kita😀

        21/11/2012 pukul 8:13 am

      • oh iya….. pinteeer. saya salah, hehehe

        21/11/2012 pukul 8:41 am

      • Larasati

        kalau gak punya kebun yah di kebun tetangga juga boleh pak hehe

        21/11/2012 pukul 10:34 am

      • seperti aku dan anakku memetik melati dipagi hari yah….. Selalu di kebon tetangga.

        21/11/2012 pukul 1:12 pm

      • Larasati

        hahahahahaha kan kita sama pak, suka metik melati di kebun tetangga😛

        21/11/2012 pukul 3:32 pm

      • kalau anakku pasti buat ibunya, kalau larasati buat siapa ?

        21/11/2012 pukul 3:39 pm

      • Larasati

        buat ditaruh di kamar ajah biar wangi hehe

        21/11/2012 pukul 5:47 pm

      • wokey….

        22/11/2012 pukul 12:33 am

  2. sedih memang… semoga menang ya Mbak.
    Salam kenal dari barat sumatera😀

    20/11/2012 pukul 6:36 pm

    • Larasati

      salam kenal kembaliii, hmmm kok penulis cemen sih?? aku juga masih cemen tapi PD hehehe

      21/11/2012 pukul 8:29 am

  3. apa yah kira kira lagu yang bertema penghijauan??

    – Alami (Slank)
    – Alamku (Elpamas)
    – Bencana (Sahara)
    – Bumi Berguncang (Z Liar)
    – Dampak Teknologi (Power Metal)
    – Gersang (Nicky Astria)
    – Hijau Itu Indah (Betrayer)
    – Kemarau (Erwin Gutawa)
    – Ole-Ole (Sang Alang)
    – Pinggiran Kota Besar (Iwan Fals)
    – Planet Dies (Betrayer)
    – Polusi (Betrayer)
    – Polusi (Gong 2000)
    – Rakyat Hutan (Grass Rock)
    – Rumah Kaca (Nicky Astria)
    – Timur Tragedi (Power Metal)

    *semuanya nyomot dari playlist-ku yang pernah ku-upload di Multiply yg bertajuk Konser Penghijauan

    21/11/2012 pukul 12:31 am

    • Larasati

      waaaaaaahhhh siiiiiippp….makasih pak iwan, ntar pilih satu dan pasang disini🙂

      21/11/2012 pukul 8:13 am

  4. 'Ne

    miris kalo melihat keadaan sekarang ya mbak, mereka orang hutan kadang sampa harus turun gunung karena kelaparan..
    semoga sukses ya kontesnya..

    21/11/2012 pukul 5:50 am

    • Larasati

      iya sangat miris sekali….

      21/11/2012 pukul 8:14 am

  5. foto2nya keren mbak…..
    satu orang untuk satu pohon😉

    21/11/2012 pukul 8:37 am

    • Larasati

      iyaaa, satu org utk satu pohon, makasih mba izzawa sudah datang…salam kenal yah🙂

      21/11/2012 pukul 10:36 am

  6. kalau aku nanamnya pohon eh bunga gelombang cinta mbak hehehe. yang penting nanam tanaman kan?😀

    21/11/2012 pukul 9:13 am

    • Larasati

      ada tuh di rumah hehehehe

      21/11/2012 pukul 10:36 am

  7. Jadi ingat film dokumenternya ARD atau ZDF disini, yg menyrot tentang penebangan hutan di Kalimantan dan Sumatra, sedih, miris dan yg pasti maluuuuu…:(

    21/11/2012 pukul 10:21 am

    • Larasati

      mana link nya teh?? lihat dong

      21/11/2012 pukul 10:35 am

      • waduuuhhh… kumaha eh gimana nyarinya yaa..soalnya udah lama juga Non..

        21/11/2012 pukul 12:31 pm

      • Larasati

        oh gitu yah, oke ntar larass cari ajah di you tube🙂

        21/11/2012 pukul 3:33 pm

  8. wew saya baru tahu klo skrg hari pohon sedunia…. selamat hari pohonnn🙂

    21/11/2012 pukul 12:07 pm

    • Larasati

      sama2 mas, jgn lupa satu org satu pohon menanamnya hehe

      21/11/2012 pukul 3:33 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s