[Jejak Kaki] Kraton Cirebon…

Keluarga Keraton

Jejak kaki sekarang aku ingin memasang beberapa foto foto dari Keraton Cirebon. Seperti yang sudah aku janjikan di Jejak Kaki Cirebon ini. Sebenarnya gak ada niat buat melihat lihat tapi karena emang saat itu bener bener lagi jenuh disana yahsud milih jalan jalan sendiri ke pasar nya. Loh kok pasar?? iya, aku suka loh jalan jalan ke pasar tradisional kalau pas bertugas ke kota asing hanya untuk mencari jajanan pasar yang tradisional dan khas nya di masing masing kota. Hehehe gak tahu kenapa🙂

Dan pas lagi asyik asyik nya lihat lihat dalam nya pasar Kasepuhan, nemulah Keraton Kasepuhan yang letaknya memang di belakang pasar ini. Akhirnya iseng dan masuk ke dalam keraton nya. Eh ternyata pas saat itu sedang ada acara berupa sebuah ritual Jawa, kalau di Pekalongan namanya udig udig an.

Acara itu, kabarnya berupa bagi bagi uang receh dengan disebarkan pada masyarakat yang konon katanya untuk berbagi rejeki kepada masyarakat atas keberkahan keluarga keraton. Sempat melihat sebentar dan moto moto acara nya tapi kok lama lama berasa sesak yah hehe tubuhku berasa di dorong sana dorong sini. Lah aku ini tipe orang yang gak suka suasana dorong dorong begitu akhirnya milih menepi.

Tapi Alhamdulillah dapat recehannya juga 2500 hehe kan koin nya 500 jadi uang 2500 itu lumayan. Gak maksud ikut ngerayah koin 500 itu tapi kok pas jatuhnya di depan aku yah tak ambil xixixixi eh tiba tiba ada anak kecil yang meminta koin hasil aku itu yahsud tak kasih ajah yang 2000, yang 500?? masuk kantong hahahaha yah sapa tahu keberkahan juga menghampiriku karena sudah berhasil mendapatkan keberkahan dari uang recehan itu🙂

Belum juga acara kelar, aku milih jalan jalan saja keliling dalam nya keraton. Ternyata bagunannya keren keren tapi sayang beribu sayang, saat itu bangunan bangunan yang nampak adalah bangunan tua yang tak terurus. Banyak lumut di tiap sudutnya dan banyak debu dan jejak jejak kaki  pas masuk ke tempat beribadahnya. Bahkan persediaan airnya juga gak ada dan tempat penampungan airnya malah berisi plastik sampah. Mungkin kalau debu dan jejak kaki bisa aku maklumi karena memang situasi saat itu banyak orang yah tapi tembok tembok yang berlumut itu??😦

Bahkan kusen kusen kayu yang berpahat juga banyak yang gompal *bahasa indonesia nya apa yah gompal??* seharusnya kusen kusen pintu itu bersejarah yah…kenapa tidak diperbaiki?? padahal keraton ini terkenal keraton termegah dan terawat, entahlah…

Belum juga puas keliling keliling keraton tiba tiba ada telp dan ternyata sudah ditunggu di mobil karena harus melanjutkan perjalanan ke luar kota lagi hehehe yo wes kapan kapan kesana lagi yak, karena masih penasaran aku sama dalam nya keraton yang berlumut lumut itu hehehe

Sedikit tentang sejarah keraton ini, bahwa Keraton Kasepuhan didirikan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506.

Keraton Kasepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati, sedangkan Pangeran Mas Mochammad Arifin bergelar Panembahan Pakungwati I. Sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Ia wafat pada tahun 1549 dalam Mesjid Agung Sang Cipta Rasa dalam usia yang sangat tua. Nama beliau diabadikan dan dimuliakan oleh nasab Sunan Gunung Jati sebagai nama Keraton yaitu Keraton Pakungwati yang sekarang bernama Keraton Kasepuhan. Selebihnya soal sejarah ini disini🙂

 

#just save my memory in my life#

Salam Larassati!!

B-kasi, 261112

24 responses

  1. ~Ra

    Jalan-jalan terus… Enak banget siy…
    😀

    27/11/2012 pukul 8:06 am

    • Larasati

      hehe ini dulu Ra, pas masih kerjaaaaaaaa…sekarang mah udah gak kerja jadi yah stay at my room😛

      27/11/2012 pukul 8:08 am

  2. Cakep banget foto fotonya, harusnya yang gedean dikit setingnya. Mata tua gak ngelihat… Heheh……

    Ketemu kedua sultan nih ceritanya ?

    27/11/2012 pukul 8:07 am

    • Larasati

      kekecilan?? iya deh kalau posting lagi tak gedein size nya soalnya suka lemot pak, modem nya gak kuat bandwith nya hahaha kan paketannya yg murah😛

      27/11/2012 pukul 8:09 am

    • Larasati

      larass malah bingung sultan nya yg mana sih?? xixixixixi asli loh gak ngerti soalnya gak pada ramah saat itu, apa menurutku ajah yah?? pas papasan di tengah2 pendopo tuh gak senyum pdhl aku senyum😦 ada sih foto yg pas papasan itu tp rada burem dan ngeblurrr

      27/11/2012 pukul 8:11 am

    • Larasati

      yg bikin kesel juga, baterai kamera ku habiiiiiiiiisssssssssss mau beli harus keluar dulu ke arah pertokoan yg di pasar, jauh euy hahah akhirnya moto2 nya pake hape jadul jadi hasil gak maksimal juga sih😦

      27/11/2012 pukul 8:13 am

  3. good.. good…
    haha.. cuma aku jadi ngakak kalo ngomongin soal keraton di cirebon ini.. keempat-empatnya!😀

    27/11/2012 pukul 10:04 am

    • Larasati

      aku kok bingung yah, ada story disana??

      27/11/2012 pukul 10:13 am

      • hehehe…. gak enak crita di sini…😀

        27/11/2012 pukul 10:16 am

      • Larasati

        kalau dikit gak papa lah, opo meh mojok?? ealah hehe

        27/11/2012 pukul 10:19 am

      • sshh… bukan muhrim.. :p

        27/11/2012 pukul 10:20 am

      • Larasati

        kan gor mojok ngobrol, gak nganggo nempel toh?? qeqeqeqe

        27/11/2012 pukul 10:23 am

      • 😀

        27/11/2012 pukul 2:49 pm

      • Larasati

        jadi kapan mau mojok bwt cerita??😛

        29/11/2012 pukul 11:33 pm

      • ga brani, bukan muhrim…😀

        30/11/2012 pukul 12:04 am

      • Larasati

        hahaha kan cuman cerita doang, piye sih lah timbang aku penasaran hayooo😀

        30/11/2012 pukul 1:52 am

  4. lah sejarahnya knp nggak di ketik sekalian mbak? lagi seru juga bacanya🙂
    poto”nya nggak ada keterangannya, ini apa itu apa? kan saya mau tahu hehe

    27/11/2012 pukul 3:21 pm

    • Larasati

      hehe larass jg belum tahu mas, pas kesana gak sengaja nemu ini haha…ntar yak kita kesana bareng ajah hehe

      29/11/2012 pukul 11:34 pm

  5. bis dari cirebon kak..?🙂

    27/11/2012 pukul 6:33 pm

    • Larasati

      ini foto dah lama kok, pas ada kerjaan kesana🙂

      29/11/2012 pukul 11:36 pm

  6. Evi

    Aku pulang dari Cirebon sdh tiga bulan belum juga menulis tentang perjalanannya..Masuk ke dalam emang berasa banget, ya Mbak seperti balik ke masa lalu

    28/11/2012 pukul 6:33 am

    • Larasati

      ayo ceritaaa…ntar aku mau baca lah, kasih link yah klu dah di publish di wp hehe

      29/11/2012 pukul 11:38 pm

  7. Dari 4 Keraton di Cirebon, aku baru masuk 2 Keraton. Lumayan juga sempat diajak masuk ke tempat-tempat yagn biasanya gak dibuka 🙂

    28/11/2012 pukul 6:52 am

    • Larasati

      udah di publish di WP kah om hasil foto2nya?? mau lihat dong om….kasih link🙂

      29/11/2012 pukul 11:39 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s