Perempuan….bacalah ini!!

Catatan Luviana

Beritasatu.com

Sabtu, 12 Januari 2013 | 09:51
Luviana

Di suatu sore yang dingin di awal tahun itulah saya mendapatkan sebuah surat elektronik. Surat yang mengabarkan tentang perempuan yang haram jika harus duduk ngangkang. Larangan ini terjadi di sebuah negeri di Lhokseumawe. Di sebuah negara yang sama dengan tempat saya tinggal. Indonesia! Hati saya seperti teriris.

Saya jadi teringat Lilis Lisdawati, seorang guru di Tangerang. Rumahnya, tak jauh dari tempat saya tinggal. Ia ditangkap, dipenjara, karena pulang malam. Di peraturan daerah tempat kami tinggal, tercantum bahwa perempuan tak boleh pulang malam. Lilis lalu mati dengan menanggung malu.

Saya juga teringat Putri di Aceh, yang harus mati atas nama norma dan tradisi. Saya juga teringat Fatima Mernissi, Nawal Saadawi, dan banyak perempuan lain yang harus berjuang atas nama norma dan tradisi.

Cerita-cerita ini, juga cerita lainnya, makin menguatkan saya tentang banyaknya perempuan yang harus berjuang melawan tradisi: Ini adalah cerita tentang Leila. Leila…

Lihat pos aslinya 977 kata lagi

Tinggalkan Balasan

