[GA Indahnya Persahabatan Blogger] Sahabat Maya Dimana mana…

Bicara soal dunia blogger, bisa dibilang saya ini bukan blogger melainkan saya hanya penyuka dunia maya. Karena yang namanya blogger itu harus selalu update tulisan dan aktif ngeblog, sedangkan saya??

Bisa dibilang belakangan ini saya hampir tidak pernah update tulisan apalagi blog walking. Dikarenakan alasan kesibukan, sepertinya saya bukanlah orang yang sibuk, hanya saja entah banyak sekali kendala kendala untuk kembali berjelajah di dunia maya. Mungkin lebih tepatnya saya sedang berada di titik jenuh dengan dunia maya sekarang.

Berbeda sekali ketika zaman saya ngeblog di dunia empe, bisa dibilang saya aktif disana dan bahkan saya juga sering menghadiri acara acara kopdar yang diadakan teman teman empe.

Persahabatan dunia maya dan dunia nyata sangatlah berbeda walaupun perbedaannya teramat tipis dan terkadang sangat sulit untuk dibedakan. Tapi buat saya pribadi, persahabatan maya akan lebih terasa dan menjadi istimewa bila satu sama lain sudah saling bertatap muka dan mengenal lebih dekat.

Alhamdulillah, yang saya temui baik baik di dunia maya juga baik baik di dunia nyata setelah kopdar. Dan sekali lagi itu terjadi ketika saya aktif di dunia blog empe. Diawali dengan pertemanan biasa dan lambat laun menjadi bersahabat. Buat saya pribadi, teman dan sahabat itu berbeda. Teman belum tentu menjadi sahabat tapi sahabat sudah pasti dia adalah teman.

Ketika saya aktif ngeblog, saya banyak menemukan teman yang berada di luar kota, luar jawa bahkan bisa jadi luar negeri. Satu per satu pertemanan menjadi persahabatan yang lebih istimewa dan memiliki ikatan hati yang lebih erat. Walau sama sama sudah tidak aktif ngeblog, hubunganpun masih berlanjut lewat sms, BBM atau telp.

Kalau disebutkan satu per satu nama namanya sepertinya akan menjadi panjang tulisan ini hehe. Intinya bersahabat di dunia maya yang berubah menjadi sahabat nyata itu menyenangkan.

Pertama ketika kita berkunjung ke kota dimana salah satu sahabat maya ada disana, kita bisa sekalian kopdar, syukur syukur kalau dapat tumpangan tidur untuk semalam atau sekalian diajak traveling keliling kota tersebut. Kan seru, tidak perlu bayar sewa hotel, tidak perlu bayar guide. Itu sih ngarep.com yah hehehe tapi jujur saja saya pernah mengalaminya ketika saya berkunjung ke Magelang. Saya menginap di salah satu sahabat maya saya bernama Sayekti. Paginya saya diajak keliling desa tempat tinggal dia. Menikmati suasana persawahan di pagi hari tepat di bawah kaki gunung tujuh penjuru. Sangat berkesan dan sangat menyenangkan.

Berbeda lagi ketika saya berkunjung ke Banjarmasin, saya juga menyempatkan diri untuk kopdar dengan salah satu sahabat maya disana. Kopdar ditengah tengah kesibukan saya ketika saya sedang bertugas di kota tersebut. Walau sebentar tapi itu sudah cukup mengeratkan tali persahabatan.Begitu pula ketika saya bertugas ke Malang, saya sempat menginap di rumah Mba Reni walau sebenarnya saya juga menginap di hotel. Tapi demi kopdar dengan sahabat maya, saya menginap semalam dirumahnya.

Ada lagi, bersahabat dengan teman maya sesekali mengadakan kopdar dan saling bertukar barang sebagai kenang kenangan. Banyak sekali benda benda yang saya dapatkan dari para sahabat dunia maya. Dan yang buat saya merasa bangga dan bersyukur adalah dua sahabat maya saya bernama Danuk dan Windy. Hingga sekarang mereka masih aktif menelpon, kirim sms atau sekedar menyapa di WA dan FB. Mereka berdualah yang acap kali memberi saya kekuatan bahkan mereka pernah berada ditengah tengah kehancuran hidup saya, saat itu ketika saya terjatuh. Mereka menggenggam kedua tangan saya dan menuntun untuk terus berjalan melanjutkan perjalanan hidup saya yang masih panjang. Seandainya saat itu saya tak bertemu dengan mereka berdua, mungkin saya sudah terjatuh dan merasa kalah lalu pasrah pada keadaan. Begitu juga dengan salah satu sahabat saya bernama Musayka, yang pertama kalinya saya kenal, dia sedang berada di Riyadh. Hingga saat ini, dia seperti sudah menjadi saudara bagi saya. Selalu memberi nasehat dan saling mengingatkan.

Masih banyak sekali sahabat maya yang benar benar menjadi sahabat nyata dalam kehidupan saya. Memang ini yang saya inginkan, menemukan sahabat walau dari berbagai kalangan, berbeda tempat dan juga berbeda adat dan ras. Banyak sekali sahabat yang telah saya dapatkan dan masing masing memiliki cerita berbeda dan cara persahabatan yang juga berbeda beda. Buat saya, sesuatu yang unik itulah yang akan dikenang dan menjadi kekal.

Saya memiliki sahabat maya yang sangat sangat memberi inspirasi bagi saya. Dia, bernama (almh) Nita. Walau dia sudah tiada tapi hingga sekarang dia tetap selalu memberi saya inspirasi. Tentang kekuatannya, kehebatannya, dan semangatnya juga sifat rendah hatinya. Dia tidak pernah mau kalah dengan keadaan walau akhirnya dia harus menyerah dengan takdir yang terlalu dini menjemputnya. Dan memang takdir itulah yang terbaik untukknya. Untuk rasa sakit yang diam diam dia sembunyikan.

Satu hal yang sangat berkesan untuk saya dari dia, seharian sebelum malam hari dia berpulang, antara saya dan dia terlibat dalam percakapan panjang walau hanya melalui sms tapi sungguh berbalas sms saat itu adalah berbalas sms yang paling lama. Dan pada malam harinya saya kehilangan dia.

Banyak sekali sahabat sahabat yang saya dapatkan dari dunia maya, tidak mungkin satu per satu saya tuliskan. Hanya saja, lewat tulisan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih sebanyak banyaknya untuk semua sahabat maya saya. Saya juga meminta maaf jika belakangan komunikasi kita sedikit berkurang, saya yakin sejauh apapun jarak kita dan sesibuk apapun kita dengan kehidupan nyata kita, kita tetap saling mengenang, mengingat dan mendoakan. Bagi saya diam diam mendoakan seseorang adalah cara yang aman untuk menyulam ikatan persahabatan agar tetap menjadi erat. Dan diam diam mendoakan sahabat adalah cara kita mencintai mereka karenaNYA.

Salam Larassati
Bksi, 160713

“Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway Ikakoentjoro’s Blog dan Lieshadie’s Blog -Indahnya Persahabatan Blogger”

http://ikakoentjoro.wordpress.com/ dan http://lieshadie.wordpress.com/

28 responses

  1. Hampir aja dilaporin ke Kontras untuk kasus-kasus orang hilang🙂

    16/07/2013 pukul 11:47 pm

    • Hehehe pak iwan ini bisa ajah masak ke kontras😀

      17/07/2013 pukul 5:11 am

  2. akhirnya ikutan GA.. sukses ya GA-nya.. sehatsehat kan laras..

    17/07/2013 pukul 1:24 am

    • Alhamdulillah sehat mba, makasih. Moga mba Tin jg sehat yah….🙂 selamat berpuasa…

      17/07/2013 pukul 5:12 am

  3. kok bisa ke-skip sih postingan Laras yang ini😦
    sukses ya GA-nya.

    suka yang ini: Dan diam diam mendoakan sahabat adalah cara kita mencintai mereka karenaNYA.

    17/07/2013 pukul 9:27 am

    • Ke skip?? Ini larass posting semalam kok mas hehehe

      17/07/2013 pukul 11:39 am

      • iya. ke skip.😀
        gak ada di reader. hehehe.

        17/07/2013 pukul 11:43 am

      • Oh larass tau sebabnya, coba mas ryan unfollow blog larass dulu trus di follow lagi…

        17/07/2013 pukul 12:32 pm

      • Knp gitu ya

        17/07/2013 pukul 12:34 pm

  4. Heeeeeeei,, muke aneee mana dalam ntu foto, maaaneee?? *gigitmbaklas*😛

    17/07/2013 pukul 9:39 am

    • Hehehe ampuuuuunnnnn mangaaappp neeennngggg, semalam buru2 posting krn mepet DL mana ane postingnya pake bebe, modem smartfren lg koit xixixixixi

      17/07/2013 pukul 11:41 am

      • Alesyaaaaaaaaan *kirimbanjir*

        17/07/2013 pukul 12:58 pm

      • Aih kirim kok banjir, kirim uang kek, makanan kek atau brondong jg boleh xixixixi

        17/07/2013 pukul 9:45 pm

  5. Laraaassss…kemana aja Cah Ayuuu,,,

    ,Makasih yaa..udah ikutan GA kami ..🙂

    17/07/2013 pukul 3:05 pm

    • Makasih jg bune, maaf mepet DL hehe iya nih lg gak ada akses bwt internet🙂

      17/07/2013 pukul 9:48 pm

  6. Hello Larass, apa kabar? Rasanya sudah lama banget gak ada kabarnya, mudah-mudahan sehat selalu ya.

    22/07/2013 pukul 10:14 am

    • hello om Cris, apa kabaarrrr?? Iya nih larass gak aktif ngeblog wlu sesekali BW tanpa koment, Alhamdulillah Larass sehat, Om cris bagaimana?? kangen sama foto2 om Cris, mampir ah kali ajah nemu foto keren🙂

      22/07/2013 pukul 2:16 pm

  7. moga menang!!!!

    22/07/2013 pukul 2:25 pm

  8. WOW….

    23/07/2013 pukul 12:23 am

  9. mhilal

    Ya, blog dan kopdar sudah tak bisa dipilah2. Memisahkan keduanya seperti mengunyah makanan tanpa menelannya….

    25/07/2013 pukul 8:51 pm

    • wah keren analoginya🙂

      25/07/2013 pukul 11:19 pm

  10. Finally… nongol juga… hehehe…😆
    Kemana aja Larass ??

    25/07/2013 pukul 11:30 pm

    • Ada kok om, cuman jarang ngeblog ajah sekarang…masih terlalu riweh dengan dunia nyata…apa kabar om Bams…lama larass tak nenggok ke blognya

      25/07/2013 pukul 11:33 pm

  11. 'Ne

    mbak Laraass, kangeenn😀

    26/07/2013 pukul 4:27 am

    • haiiiiiii kemana ajah Ne, hehe sama ding larass jg udah jarang ngeblog😀

      sehat2 kan Ne…jadi tah Hari-H nya🙂

      26/07/2013 pukul 9:54 am

  12. Ihik Ihik aku blm perna kopdar ama temen2 blog🙂

    29/07/2013 pukul 1:46 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s