Jejak Pekalongan

Foto Masjid

menara masjid

menara masjid1

Lokasi Masjid Wakaf.

Jalan Surabaya di kota Pekalongan

Selebihnya postingan foto tentang masjid saya ada disini. Terimakasih dan salam…..


[Pekalongan] Sudut Kota nya…

Dalam riakmu, kuserahkan seluruh jiwa ragaku agar kelak kau tetap mengenangku meski tertinggal bayanganku menyetubuhi bibir pantaimu….

 

Taraaaaaaaaa…..kali ini berjumpa lagi dalam sisi sudut kota Pekalongan. Yuupp….saya ingin berbagi beberapa hal kecil dan sepele tapi dalam pandanganku itu adalah hal besar. Hampir keseluruhannya ini adalah stock foto lama, di tahun 2009.  Saat hujan menguyur kota itu, saya tak berhenti berjalan menyusuri sepanjang lorong sudut sudut perkotaan dan menjamahi setiap jejak jejak tertinggal pada jalan kenangan kita # aih kitaaaaaa 😀

Selamat menikmatiiiiiiii…..

(lebih…)


[Pekalongan] Tentang Kuliner nya…

Kutinggalkan jejak jejak ini pada serpihan pasir pantaimu, agar kelak ketika aku kembali kau tetap mengingatku!

Apa kabar teman??? Semoga semua sehat sehat yaahhh…kali ini saya pengen cerita tentang kota kelahiran saya, hmmm iyaaaa….Pekalongan. Bukan cerita detail sih cuman menampilkan beberapa foto kuliner nya kota saya. Sebenarnya fotonya ada banyak tapi gegara laptop saya yang pertama koit jadi adanya yang ini. Gak terlalu banyak, nanti pas saya mudik Insya Allah hunting foto lageeeee 😀 dan foto ini rata rata diambil di tahun 2009, hanya beberapa saja yang 2012. Semoga berkenan….. 🙂

Setiap jejak adalah CINTA maka reguklah lelah itu agar kelak menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan!!

(lebih…)


Pecak Panggang…

Pecak Panggang

Welcome!! Jumpa lagi neh kita, eh kita…haha

Kali ini giliran pecak panggang. Uhuiiiii ini makanan khas Pekalongan. Hmmm mungkin karena olahannya panggang ditumbuk sampai memar eh maksudku sampai sedikit remuk kali yaahhh atau karena panggangnya suka pencak silat?? Hahaha ngacau neh saya, entahlah yang jelas ini makanan sederhana. Biasa dijumpai di warteg warteg yang menunya khas Pekalongan. Kalau di kota saya, warteg dengan menu ini yang palin terkenal dan enak tuh ada di deket rumah saya. Nama warteg nya BUJANG LAPUK. Warungnya sederhana bahkan sangat sederhana. Tapi pembelinyaaaa buaanyyaaaakkkk….dan menu paling laris yah ini Pecak Panggang dan untuk pendamping *waduh ada pendampingnya* menu ini biar lebih sedap dan mantap adalaaahhh sayur asem jawa. Wuiiiihhhhh gak bisa dijelasin dengan kata kata deh soal rasa masakan sayur asem pecak panggang. Yummmiiiii….

(lebih…)


Pedoyo….

Pedoyo

Hallo apa kabar?? Semua sehat kan?? Alhamdulillah saya juga sehat walau sedikit lelah tapi itu sudah menjadi hal biasa toh. Namanya juga hidup yang bergerak kesana kesini jadi lelah itu pasti.

Kali ini saya ingin bercerita tentang pedoyo. Hmmm ada yang tahu apa itu pedoyo?? Bukan popoyo atau popeye loh kalau itu mah tokoh kartun anak anak hehe.

Podoyo  ini hanya berupa timun kecil kecil yang direbus matang. Nah pas rebusnya gak usah dikasih apa apa. Biar saja berasa ayep, apa yah ayep??  😀

(lebih…)


Oseng Bongkrek…

Ada yang tahu bongkrek?? atau suka bongkrek?? pernah mendengar?? atau sama sekali belum tahu bongkrek itu apa??
Kalau dari mbah wiki, 

“Asam bongkrek (bongkrek acid) adalah toksin pernapasan yang lebih mematikan daripada sianida..[1]

Asam ini dapat terbentuk dalam proses fermentasi bungkil kelapa sewaktu pembuatan tempe bongkrek yang terkontaminasi bakteri Burkholderia gladioli pathovar cocovenenans. Atas alasan pengendalian keamanan, pembuatan tempe bongkrek sekarang dilarang di Indonesia, meskipun di beberapa tempat di Jawa orang masih membuatnya secara sembunyi-sembunyi. Kasus kematian karena asam bongkrek ini setiap tahun masih terus dilaporkan.

Racun ini mengganggu mekanisme kerja enzim yang memindahkan ATP dan ADP. Prosesnya dipotong sehingga ATP tidak bisa meninggalkan mitokondria dan sel akan mati lemas kekurangan energi. Orang yang keracunan asam bongkrek akan merasa tercekik lalu dari mulutnya akan keluar busa.”

Tak hanya itu asam bongkrek juga sangat beracun dan mematikan bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Racun-racun tadi tidak mati dan tidak rusak sekalipun dalam suhu di atas 100°C.

Hmmm sangat bahaya, jadi jangan coba coba untuk memakannya jika belum pernah.

(lebih…)